IKATAN GURU INDONESIA

Selama ini guru-guru kita cukup akrab dengan istilah PAIKEM yang merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.

Banyak sudah pelatihan-pelatihan paikem yang dibuat, bahkan didanai dengan uang rakyat tapi jauh lebih banyak yang teori doang kata sisiwa sekarang

Mungkin pembelajaran akan sangat menyenangkan jika ditampilkan dalam bentuk komik dan animasi seperti yang pada gambar-gambar diatas, jangankan TK/PAUD dan SD, siswa SMA pun akan sangat senang jika pembelajaran diubah jadi komik yang bahkan bisa menampilkan foto-foto mereka sendiri atau orang-orang yang akrab dengan mereka.

Abdul Karim, Ketua Bidang Peningkatan Mutu Guru Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia telah mulai menyebarkan virus komik ini sejak beberap minggu terakhir, begitu banyak yang antusias dan ingin belajar.

Siapa sosok Abdul Karim sesungguhnya, apakah kawan-kawan IGI di seluruh Indonesia hanya bisa belajar buat komik sama beliau?

Ternyata tidak, Abdul Karim yang akrab kami sapa Pak Udin ini punya segudang prestasi baik sebagai peserta, juri, Instruktur dan bahkan sebagai nara sumber dan presenter berbagai seminar, workshop, diklat diberbagai ajang dan tingkatan.

Pak Udin yang merupakan guru di Sekolah Islam Nasima Semarang ini bahkan saat ini berstatus sebagai Master Trainer Microsoft dan Master Trainer Casio Jepang.

Finalis Microsoft Innovatif Theacher di Singapura tahun 2004 ini tercatat menjadi Instruktur tidak tetap (karena tidak mau terikat) di LPMP Jateng dan BPTIKP Jateng, Pak Udin juga adalah anggota Tim Penilai Konten Digital dan Penulis Modul Diklat Pasca UKG di P4TK Matematika Yogyakarta.

Pak Udin tercacat sebagai Juara Lomba Pembuatan Media Presentase Pembelajaran Tingkat Nasional, Juara Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Komputer di LPMP Jateng, Juara Lomba Pembuatan Multi Media Pembelajaran di Kemenag Jateng, Juara Lomba Penulisan Artikel Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran di P4TK Matematika Yogyakarta dan selanjutnya Pak Udin menjadi Juri dan Nara Sumber diberbagai event multi media dan penulisan.

Malang melintang sebagai juara, kini Pak Udin akan konsen pada peningkatan mutu guru di Indonesia berbagi dengan sesama guru sebagai upaya kongkrit peningkatan mutu guru, bahkan kini Pak Udin telah meminta pihak sekolah agar mengurangi jam pengajarannya agar bisa berbagi dengan kawan-kawan dan memaksimalkan tugasnya sebagai ketua bidang peningkatan mutu guru IGI Pusat.

Pak Karim mengajak Guru-guru di Indonesia membuat komik pembelajaran dalam gerakan SAGUBAKOM atau Satu Guru Banyak Komik

Selain pembuatan Komik, Pak Karim alias Pak Udin juga dapat memberikan Training untuk Membuat Media Pembelajaran Interaktif (PowerPoint, Autoplay, Lectora Inspire, Articulate Storyline), Edmodo, Schoology, Membuat Video Pembelajaran (Screen casting dan Video Casting), Pembelajaran Matematika dgn Teknologi (geogebra, Maple,Mathematica, Wolfram Alpha, Kalkulator), Powerfull Office(Word, Excel, PowerPoint) untuk Guru, Guru belajar Pemrograman (dgn Scratch 2)

Bagi kawan-kawan pengurus daerah atau pengurus wilayah yang menginginkan beliau berbagi di daerah bapak dan Ibu, cukup kirim email ke
pengurus.pusat@igi.or.id, insya Allah Sesjen IGI akan mengaturnya dengan baik

Jangan lupa, yang belum punya nomor anggota baru disistem keanggotaan baru IGI, segera daftar.

Makassar, 25 Mei 2016
Muhammad Ramli Rahim
Ketum PP IGI 2016-2021

 

dibaca 1432 kali